Demokrat Jabar Seleksi Caleg 2014

Published on Apr 04 2013 // Berita, Kegiatan DPD PD Jabar

IRS

BANDUNG–DPD Demokrat Jabar menargetkan bisa mempertahankan raihan 28 kursi di DPRD Jabar sekarang ini pada Pemilu 2014.

Ketua DPD Demokrat Jabar Iwan Sulandjana mengatakan pihaknya menatap Pemilu 2014 dengan realitis mengingat kondisi Demokrat yang saat ini tengah jadi sorotan. “Target kita realistis, hasil survei Demokrat dari 24% menjadi 11 %. Kita normatif dulu, target minimal 15% dulu,” katanya siang ini.

Menurutnya pihaknya memasang target minimal terlebih dahulu sambil melakukan pembenahan dan menyusun strategi. “Jabar alangkah indahnya meraih kursi seperti dulu. Harapan saya di 2014 naik jadi 20%,” katanya.

Iwan mengaku dia belajar banyak dari pengalaman saat awal memimpin Demokrat Jabar pertama kali. “Dulu saya masuk [elektabilitas] 7,6%, naik jadi 24,6%. Tapi, situasi dulu dengan sekarang lain. Dulu ada icon [SBY], sekarang saya yakin kalau keberhasilan pemerintah saat ini bisa menaikan perolehan suara kembali,” katanya.

Untuk bertarung dalam Pemilu 2014 pihaknya kini tengah menyeleksi secara ketat caleg yang berminat duduk di DPRD Jabar. Menurutnya saat ini sudah ada 180 sudah mendaftar.

DPD sendiri memberlakukan sejumlah tahapan penjaringan bagi para pendaftar yakni diawali dengan psikotest. “Psikotest ini untuk mengetahui apakah calon tersebut memenuhi syarat sebagai anggota dewan? Cukup memenuhi syarat? Kurang memenuhi syarat?,” katanya.

Psikotes sendiri dilakukan selain melihat kepantasan juga untuk menilai caleg periode 2009 lalu dimana Iwan belum menjabat sebagai Ketua DPD. “Yang lalu, 2009 pas masuk sudah ada DCS [daftar calon sementera] sudah jadi. Saya kan nggak hapal dulu,” katanya.

Psikotes dulu menurutnya dilakukan untuk menentukan siapa yang pantas jadi Ketua Dewan, Wakil ketua dan Sekretaris Fraksi. “Sekarang lain,pantas nggak jadi anggota dewan?” katanya.

sumber : bisnisjabar /Div.KPD[nonz]

Share

1 Comment

  1. ahmad heryanto says:

    Penjaringan para caleg harus benar-benar ketat dan benar-benar dari kader demokrat, sebab disinyalir banyak para calon caleg yang mendaftar bukan dari kader, tetapi orang-orang bawaan yang hanya mencari peruntungan nasib, saya harap partai dapat menjaring para bakal caleg benar-benar orang yang mempunyai kemampuan secara intelektual dan berpengalaman dalam berorganisasi, sebab disinyalir kami menerima kabar di kab.bogor para pendaftar bakal caleg hanya orang-orang baru yang muncul secara tiba-tiba (orang-orang bawaan, alias persyaratan nya pun gerabag gerubug dan serba dadakan), dan tidak pernah aktif dalam partai demokrat sebelum nya. kami sebagai kader setia partai demokrat tidak lah ingin wakil kami nanti adalah orang yang tidak mempunyai kemampuan, dan sekedar aji mumpung adu nasib. maka seleksilah secara ketat agar wakil kami nanti bisa membuat bangga partai dan kader, kini saat nya kita bangkit dari keterpurukan.

Leave a comment